Wednesday, September 18, 2013

Tahukah Anda 5 Minuman Ini Ternyata Bermanfaat Buat Jantung



Tahukah Anda 5 Minuman Ini Ternyata Bermanfaat Buat Jantung
- Memang benar bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, jutaan orang meninggal setiap tahunnya akibat serangan penyakit yang mematikan sel jantung ini.

Penyakit jantung tidak mengenal usia dan gender, ia bisa menyasar kaum muda, dewasa, lansia, pria dan wanita, namun untuk pria peluang terkena serangan jantung lebih besar daripada wanita terlebih bila memasuki usia lanjut atau berusia diatas 45 tahun.

Penyakit jantung lebih disebabkan oleh faktor turunan, pola makan yang mengandung kolesterol tinggi, kurang gerak atau jarang berolahraga, stress, merokok, dan mengkonsumsi alkohol.

Mengingat penyakit jantung bisa menyasar siapa saja, ada baiknya kita sedari sekarang terus menjaga kesehatan jantung, salah satu yang perlu diperhatikan adalah nilai nutrisi dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi, minuman sendiri memiliki andil yang cukup besar menjaga kesehatan jantung, oleh karenanya Anda bisa memprioritaskan minuman berikut untuk mencegah penyakit jantung.

Berikut adalah 5 minuman yang disarankan untuk mencegah penyakit jantung:

1. Jus Delima
Dewasa ini, jus delima mendapat perhatian lebih dari peneliti gizi di seluruh dunia, selain karena memiliki kandunguan antioksidan tinggi melebihi teh hijau, jus delima juga dipercaya mampu mengurangi plak arteri sehingga darah yang mengalir ke jantung akan semakin membaik. Pernyataan ini berdasarkan penelitian dari Universitas of California.

2. Teh Hijau
Meskipun kandungan antioksidan pada teh hijau dibawah jus delima, namun teh hijau terbilang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan mampu mencegah penyakit arteri koroner, dipercaya pula teh hijau dapat meminimalisir kolesterol dan pembekuan darah maupun stroke.

3. Teh Hitam
Dibuat dari hasil fermentasi, teh hitam juga dipercaya memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari teh hijau, ini terjadi karena komposisi kimia di daun teh mengalami peningkatan pada proses fermentasi tadi, selain mampu mengurangi resiko serangan jantung teh hitam terbukti dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL).

4. Air Putih
Minuman yang direkomendasikan diminum delapan gelas per hari dan mudah didapati ini ternyata memiliki peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan jantung, kekurangan air terutama air putih dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi yang dampaknya bisa membuat darah menjadi mengental sehingga jantung sulit atau bekerja keras untuk memompa darah. Sebagai tambahan, minum air putih terlalu banyak juga tidak baik, darah akan menjadi lebih encer dan berpenaruh buruk bagi organ tubuh lain tidak hanya jantung.

5. Kopi
Kopi juga bisa menjaga kesehatan jantung, walaupun bagi sebagian orang meragukan namun nyatanya kandungan antioksidan pada kopi lebih tinggi dari teh maupun coklat, minumlah kopi secara rutin dengan dosis aman yaitu 1 sampai 3 cangkir per hari dipercaya mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular, pernyataan ini juga didukung dari penelitian yang menyatakan 20% wanita yang mengkonsumsi kopi dengan rutin dan dalam batasan wajar lebih rendah terkena serangan jantung.


Related Articles



0 comments:

Post a Comment