Monday, March 21, 2016

Katak Emas, Spesies Baru Jenis Katak Ditemukan di Kolombia

[​IMG]
Peneliti Kolombia menemukan spesies baru jenis katak. Karena tubuhnya berwarna kuning, katak unik yang ditemukan di hutan Andes atau hutan berawan ini dijuluki sebagai katak emas.

Katak ini diberi nama latin Pristimantis dorado yang dalam mitos Spanyol dikaitkan dengan kota El Dorado yang sangat dicari-cari selama ratusan tahun karena merupakan kota emas.

Dilansir The Hindu, Jumat (18/3), salah satu peneliti, Andrew Crawford mengatakan, "Orang-orang Spanyol mengasumsikan kekayaan Kolombia adalah emas, tapi hari ini kita memahami bahwa kekayaan nyata negara adalah kebohongan, melainkan keanekaragaman hayati." Peneliti dari Smithsonian Tropical Research Institute (STRI) tersebut mengatakan jika katak emas ditemukan di semak-semak di sepanjang jalan, sekitar 8.700 kali dekat Chingaza National Park, atau sekitar 10 mil sebelah timur dari Bogota, ibu kota Kolombia.

Spesies baru ini memiliki panjang tujuh per sepuluh inci. Katak emas ini termasuk spesies yang terkecil, paling besar hanya sekitar dua inci. Tak sama seperti katak pada umumnya, Crawford mengatakan jika katak emas ini tidak mempunyai celah vokal atau kantung vokal.

Kantung vokal biasanya dimiliki oleh katak jantan untuk memanggil katak betina. Namun, katak ini masih mampu menggoda betina dengan suara yang sedikit serak. "Dengan spesies baru ini, Kolombia sekarang jadi tempat 800 spesies amfibi dalam total keragaman. Untuk kedua adalah Brasil," tandasnya.


Related Articles



0 comments:

Post a Comment